Gejala Kanker Payudara

Gejala kanker payudara – Kanker payudara secara khusus merupakan epidemi tersendiri bagi kaum wanita. Namun, dewasa ini juga diketemukan kasus kanker payudara pada laki-laki. Namun rasio kanker payudara ini masih sangat sedikit kemungkinannya terjadi pada kaum Adam, yaitu sekitar 1:1000. Sungguh mengerikan, ternyata kanker mematikan ini ternyata juga bisa menimpa kaum laki walaupun sangat jarang kasusnya. Terlepas dari itu semua, kanker payudara sendiri adalah kanker yang terjadi di jaringan payudara.

Kanker sendiri diakibatkan oleh keadaan dimana sel tidak mampu lagi mengendalikan diri, sehingga menjadi tumbuh secara tidak normal. Kanker payudara pun proses terbentuknya juga sama seperti itu, dan biasanya disebabkan oleh parenchyma. Penyakit kanker payudara masuk kedalam daftar ICD “ International Classification of Diseases oleh WHO(Organisasi Kesehatan Dunia). Jumlah penderitanya pun adalah yang paling banyak, yaitu berada pada urutan nomor 2 dunia!. Gejala kanker Payudara.

Gejala kanker payudara. Kanker payudara menyebar dimulai dari lapisan dalam saluran susu/lobulus, hingga kearah puting susu. Bahkan seringkali payudara wanita menjadi membusuk akibat kanker payudara. Nah karena sebegitu berbahaya dan banyaknya penyakit kanker payudara, maka Anda khsusunya kaum perempuan harus mengenal tanda-tandanya. Dengan mengenali tanda-tanda stadium awal kanker payudara, maka kemungkinan untuk bisa sembuh akan semakin lebih besar. Hal ini mengingat bahwa kanker merupakan jenis penyakit yang sulit disembuhkan, apalagi jika sudah mencapai tahap stadium lanjut.

Gejala Kanker Payudara

Berikut Tanda-Tanda  Atau Gejala Kanker Payudara

Tanda-tanda awal atau gejala kanker payudara biasanya dimulai dengan adanya benjolan pada payudara. Dan Benjolan ini terasa sangat nyeri jika ditekan. Bermula dari benjolan yang berukuran kecil ini lama-kelamaan akan melekat pada kulit, sehingga puting susu atau payudara akan mengalami perubahan.

Berikut ini Beberapa Gejala Awal Dari Adanya Penyakit Kanker Payudara :

1. Benjolan Di Payudara

Jangan menyepelekan benjolan yang terdapat di payudara sekecil apapun itu. Umumnya, benjolan tidak terasa sakit dan ukurannya hanya sebesar kacang tanah. Tetapi, jika benjolan tersebut merupakan kanker lama-kelamaan ukurannya akan membesar. Lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara teratur. Jika ada benjolan yang mencurigakan segera periksa ke dokter.

2. Perubahan Bentuk Dan Warna Pada Puting

Jika ada perubahan bentuk atau warna pada puting susu, Anda juga harus lebih waspada. Biasanya pada pasien kanker payudara puting tertarik ke dalam (retraksi), berwarna merah atau kecoklatan. Keadaan kulit pun mengkerut seperti kulit jeruk.

3. Keluar Darah Dari Puting

Salah satu gejala kanker payudara adalah keluarnya darah dari puting. Warnanya pun tidak selalu merah bisa juga agak kecoklatan. Untuk itu jika puting mengeluarkan cairan berwarna, segeralah konsultasi ke dokter.

4. Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Pembesaran atau pembangkakan kelenjar getah bening juga salah satu gejala kanker payudara. Jika Anda menemui pembesaran getah bening di ketiak, bengkak pada lengan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Anda mungkin juga akan mengalami gatal-gatal dan muncul ruam di sekitar puting Anda. Pada bagian ketiak Anda, bisa juga muncul benjolan atau pembengkakan. Tanda-tanda dan gejala di atas perlu Anda waspadai dan usahakan untuk menanyakan pada dokter untuk memastikan kondisi yang Anda alami.

Jenis Kanker Payudara

  • Karsinoma duktal invasif adalah perkembangan sel kanker yang dimulai dari saluran susu dan menembus dinding saluran yang kemudian menyebar pada jaringan lemak. Penyebarannya melalui aliran darah dan aliran getah bening. Melalui pemeriksaan mammografi akan kelihatan seperti jaringan yang abnormal seperti flek yang kecil. Benjolan terasa keras jika diraba.
  • Karsinoma lobular invasif adalah sel kanker yang terjadi di kelenjar penghasil air susu dan menyebar hingga ke jaringan organ manapun pada tubuh. Benjolan yang terjadi terasa keras dan dapat muncul di kedua payudara.
  • Subtipe pertumbuhan lambat yang terbagi 3, yaitu: karsinoma medular, karsinoma koloid, dan karsinoma tubular.
  • Karsinoma inflamasi adalah sub tipe dari jenis karsinoma duktal dengan ciri-ciri; pada payudara terjadi pembengkakan, berwarna kemerahan, terasa panas, dan penebalan pada kulit.
  • Penyakit paget adalah kondisi pra-kanker yang dimulai dari saluran susu, menyebar hingga ke puting susu dan areola, yang dapat menyebabkan terjadinya pengerasan.

Tahapan Kanker Payudara

> Stadium 1

Sel kanker yang muncul berukuran kurang dari 2 cm dan masih berada di dalam payudara dan belum terjadi penyebaran.

> Stadium 2

Sel kanker masih berukuran kurang atau lebih dari 2 cm, akan tetapi sel kanker ini mulai menyebar hingga ke kelenjar getah bening yang berada di bawah lengan.

> Stadium 3

Sel kanker pada stadium ini telah berukuran lebih dari 5 cm dan sudah menyebar hingga ke dalam kelenjar getah bening di bawah lengan dan di sekitar tulang payudara atau jaringan yang berada di dekatnya.

> Stadium 4

Sel kanker telah menyebar ke luar dari payudara dan di hampir seluruh jaringan atau organ tubuh yang lainnya.

Pengobatan Kanker Payudara

Jenis penanganan kanker payudara yang pertama biasanya adalah operasi. Jenis operasinya bervariasi tergantung jenis kanker payudara yang Anda derita. Proses operasi biasanya ditindaklanjuti dengan kemoterapi, radioterapi, atau perawatan biologis untuk beberapa kasus tertentu. Kemoterapi atau terapi hormon juga terkadang dapat menjadi langkah pengobatan pertama.

Gejala Kanker Payudara